You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Wates
Pekon Wates

Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Provinsi Lampung

Selamat Datang di Sistem Informasi Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat - 2023 PEKON WATAS KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT "BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHORMATI JASA PARA PAHLAWANNYA" " DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-78, Terus Melaju untuk Indonesia Maju"

Program Kerja KKN Yang tergabung Dalam KKN DR UIN Di Pekon Watas

Operator 20 Juli 2022 Dibaca 190 Kali
Program Kerja KKN Yang tergabung Dalam KKN DR UIN Di Pekon Watas

Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat Pekon.

KKN merupakan kegiatan yang erat sekali dengan praktek mahasiswa dari perguruan tinggi. Pada kegiatan ini, mahasiswa yang hampir mendekati akhir semester, akan menjalankan program KKN. Mahasiswa yang menjalankan program KKN akan belajar, mengabdi, mengajar dan berbaur dengan masyarakat, biasanya lokasi KKN yang dituju bertempatan di pedesaan.

Dalam kegiatan KKN ini, tentunya mahasiswa harus menyiapkan berbagai program kerja yang nantinya akan dijalankan di Pekon tersebut. Dimana program kerja tersebut harus dapat memberikan keuntungan kepada masyarakat Pekon dan pengalaman yang berarti untuk mahasiswa KKN.

Dimana Program Kerja Mahasiswa KKN UIN Yang Tergabung Dalam KKN-DR Pekon Watas Salah Satunya Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar KBM.

Para Mahasiswa KKN UIN Yang tergabung Dalam KKN-DR Pekon Watas memberikan pendampingan belajar melalui program kerja KBM (kegiatan belajar mengajar) di TPA - Nurul Badriah Pemangku Bayur Pekon Watas Ke. Balik Bukit Kab. Lampung Barat Tahun 2022.

Program kerja KBM oleh KKN-DR Pekon Watas diawali dengan pemberian pengarahan oleh Peratin Pekon Watas, Pemangku Setempat dan melakukan kunjungan ke TPA - Nurul Badriah.

KBM dilakukan dilakukan pada Sore Hari pukul 15:00 s/d selesaidi TPA - Nurul Badriah. Kegiatan ini dilatar belakangi karena mahasiswa KKN-DR mengutamakan pengabdian dalam bentuk pendidikan, sehingga kegiatan utamanya adalah mengajar. Dengan adanya program kerja KBM dapat membantu guru-guru di TPA - Nurul Badriah dan juga untuk mengisi waktu kosong siswa sepulang sekolah dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar. Proses belajar didesain dan dilaksanakan secara menyenangkan sehingga siswa tidak bosan belajar di TPA - Nurul Badriah.  Mahasiswa yang terlibat menjelaskan materi tidak menempatkan dirinya sebagai guru atau tutor melainkan sebagai teman. Sehingga diskusi yang mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan.

Kegiatan diawali dengan stimulasi seperti lagu atau yel-yel guna menumbuhkan semangat belajar siswa. Hal ini harus dilakukan agar siswa tidak merasa pembelajaran terlalu kaku dan serius, karena hal tersebut akan menimbulkan rasa Ketidak Nyamanan pada siswa di saat pembelajaran berlangsung. 

Pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotorik mereka. Peratin Pekon Watas berharap dengan adanya kegiatan KBM oleh mahasiswa KKN-DR UIN di Pekon Watas ini, adik-adik di Pekon Watas terus semangat dalam belajar.*(admin)

 

BERGERAK BERSAMA MAJUKAN PEKON

KARENA PEKON MAJU MULAI DARI KAMU

#SMARTVILLAGE

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image