You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Wates
Pekon Wates

Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Provinsi Lampung

Selamat Datang di Sistem Informasi Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat - 2023 PEKON WATAS KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT "BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHORMATI JASA PARA PAHLAWANNYA" " DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-78, Terus Melaju untuk Indonesia Maju"

IMPLEMENTASI PROGRAM SMART VILLAGE PEKON WATAS

Operator 24 Agustus 2022 Dibaca 115 Kali
IMPLEMENTASI PROGRAM SMART VILLAGE PEKON WATAS

Teknologi pada sistem informasi saat ini mempermudah proses informasi yang dibutuhkan sehingga informasi yang disebarkan dapat lebih mudah, jelas, cepat dan lengkap, mempengaruhi bidang administrasi kependudukan.

Saat ini penggunaan teknologi banyak dimanfaatkan sebagai sistem informasi, salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi web, informasi dapat diakses tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Masalah administrasi penduduk merupakan masalah yang sangat penting dan harus ditangani dengan baik, data-data penduduk yang di dapat diantaranya berdasarkan agama, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan yang lainnya. Hal tersebut nantinya berguna untuk menunjang pengambilan kebijakan pembangunan yang tepat. Pengolahan data penduduk adalah tanggung jawab bersama, dimana pelaksanaannya di mulai dari Pekon sebagai peranan penting dalam pendataan penduduk.

Pekon Watas adalah Pekon yang terletak di Wilayah Kecamatan Balik Kabupaten Lampung Barat, Pekon Watas terdiri dari 6 Pemangku dengan jumlah penduduk lebih kurang 2416 jiwa sampai dengan saat ini. penanganan data penduduk dengan cara manual untuk memenuhi seluruh kebutuhan informasi penduduk seperti data kependudukan, surat kepindahan, surat kematian, akta kelahiran dan pelayanan surat lainnya.

Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi / OpenSID Pemerintah Pekon Watas mengimplementasikan Smart Village dimulai dari melakukan pendataan penduduk dengan cara manual, Setelah itu Perangkat Pekon Watas melakukan TAP KTP-EL kepada setiap warga yang telah memiliki KTP-EL guna menghindari masalah-masalah seperti alamat ganda dan lainnya.

Yang kemudian dimasukan Database Kependudukan yang dikelola oleh Pemerintah Pekon Watas secara online, Setelah  pendataan penduduk selesai diharapkan dengan memanfaatkan data penduduk yang ada, agar pelayanan Kantor Pekon lebih efektif dan efisien.

Manajemen data yang ada dalam SID memungkinkan Pekon memiliki data yang valid dan update, karena Pekon bisa melakukan validasi data secara langsung ke masyarakat, sehingga data yang ada adalah data real di masyarakat.

"Harapan dari Peratin Pekon Watas Mirwan Atmaja, A.Ma selain kebutuhan surat menyurat kedepan akan mencoba berinovasi seluruh Pelayanan Surat atau dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga Akte kelahiran, Akte Kematian, dan administrasi lainnya dapat di layani di Kantor Pekon Watas, untuk itu peran serta seluruh masyarakat tanpa terkecuali demi terciptanya Pekon Smart Village" admin.

Bergerak bersama majukan pekon
karena pekon maju mulai dari kamu
#Smartvillage
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image